Banner

blognya pembelajaran bahasa inggris (pakdur)

Kamis, 03 Maret 2011

Presentation Techniques and Introductory Activities

TEHNIK PENYAJIAN DAN MEMPERKENALKAN ACTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
Penyajian materi atau lebih dikenal memperkenalkan materi kepada siswa sangatlah penting untuk diformat sedemikian rupa agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang harapkan oleh seorang guru artinya MAIN AIM atau SUB AIM dapat tercapai dengan baik.

PERTAMA kali guru masuk kelas, dua hal yang perlu dipersiapkan adalah bagaimana memberikan WARMER atau LEAD IN. WARMER bertujuan untuk mengangkat energy siswa agar supaya merasa nyaman dengan pembelajaran yang akan kita suguhkan.warmer tidak harus sesuai dengan topic. sedangkan LEAD IN haruslah sesuai dengan topic bisa berupa quiz, game, pair work activity. intinya lead in fokus pada topic yang akan kita ajarkan. setelah itu baru siswa bisa menghubungkan antara topic dengan pelajaran yang kemudian dihubungkan dengan kontek kehidupan siswa sehari-hari (PERSONALISATION) atau boleh juga disebut create context.
KEDUA setalah langkah pertama kita capai barulah kita mulai memberikan materi kepada siswa. namun perlu diperhatikan metode apa yang akan kita pergunakan agar proses pembelajaran menjadi lebih bermakana? berikut alternatif yang bisa bapak, ibu pakai.
  • PPP (Presentation Practice Production) 1. menyajikan materi sesuai dengan kontek 2. memberi kesempatan siswa untuk praktek (controlled practice) 3. meminta siswa untuk menggunakan bahasa yang telah mereka pelajari (less controlled practice) dengan cara yang komunikatif.
  • TBL (Task Based Learning) 1. memberikan tugas kepada siswa 2. penyajian materi diberikan setelah siswa membutuhkannya.
  • PPP dan TBL bukanlah satu-satunya cara untuk menyajikan pembelajaran bahasa. ada beberapa alternatif lain yang bisa dipergunakan. yang penting adalah bagaimana kita mendesign pembelajaran se komunikatif mungkin yang bisa kita ukur dengan TTT (teacher talking time) dan STT (student talking time).Demikian tulisan ringkas dari pakdur. lebih detailnya lagi bisa dilihat dalam buku TKT.

3 komentar:

  1. Terus upload kangman,....sampaikanlah walaupun hanya satu file.


    Salam hangat,

    Agus Wuryanto
    www.aguswuryanto.wordpress.com (murni sosial)
    www.oemaherpepe.wordpress.com (semi bisnis)
    www.rumahrpp.blogspot.com (semi bisnis)

    BalasHapus
  2. insy. pak agus. sy msh harus banyak belajar dari njennengan. jg lupa share terus for every new thing.

    BalasHapus
  3. bwt guru pemula cocoknya pake TBL, pak. thanks for visiting www.sekolahoke.com and www.byteacher.com
    ternyata kita baru kenal di dunia maya hahahaha padahal di dunia nyata udah sangat lambek sekali

    Salam Creative Teacher

    BalasHapus